TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD
Terdapat empat teori belajar dalam
pembelajaran IPA di SD. Diantaranya adalah :
1.
Teori Belajar Piaget
2.
Teori Belajar Bruner
3.
Teori Belajar Gagne
4.
Teori Belajar Ausubel
Kita akan membahas satu persatu teori belajar dalam pembelajaran IPA di
SD tersebut.
1. TEORI BELAJAR PIAGET
·
TEORI
PIAGET
Teori Peaget
mempunyai nama lengkap Jean Piaget, lahir di Swiss tepatnya di Neuchatel pada
tahun 1896.
Perkembangan mental atau kognitif anak terdiri dari
beberapa tahapan. Ada empat tahapan perkembangan mental anak secara berurutan,
di antaranya adalah :
TAHAP
|
PERKIRAAN
USIA
|
CIRI
KHUSUS
|
Sensori Motor
|
0 – 2 tahun
|
Kecerdasan motorik (gerak) dunia
(benda) yang ada adalah yang tampak tidak ada bahasa pada tahap awal
|
Pre-Ooperasional
|
2 – 7 tahun
|
Berpikir secara egosentris
alasan-alasan didominasi oleh persepsi lebih banyak intuisi daripada
pemikiran logis belum cepat melakukan konsentrasi
|
Konkret Operasional
|
7 – 11 atau 12 tahun
|
Dapat melakukan konservasi logika
tentang kelas dan hubungan pengetahuan tentang angka berpikir terkait dengan
yang nyata
|
Formal Operasional
|
7 – 11 atau 12 tahun 14 tahun
atau 15 tahun
|
Pemikiran yang sudah lengkap
pemikiran yang proporsional kemampuan untuk mengatasi hipotesis perkembangan
idealisme yang kuat
|
·
PENERAPAN TEORI PIAGET DALAM
PEMBELAJARAN IPA DI SD
Menurut Piaget, ada sedikitnya tiga hal yang perlu diperhatikan oleh guru
dalam merancang pembelajaran di kelas, terutama dalam pembelajaran IPA. Ketiga
hal tersebut adalah :
1) Seluruh anak melewati
tahapan yang sama secara berurutan ;
2) Anak mempunyai tanggapan
yang berbeda terhadap suatu benda atau kejadian ;
3)
Apabila hanya kegiatan fisik yang diberikan
kepada anak, tidaklah cukup untuk menjamin perkembangan intelektual anak.
·
CARA
PEMBELAJARAN IPA DI SD BERDASARKAN TEORI PIAGET
Guru
harus selalu memperhatikan pada setiap siswa apa yang mereka lakukan, apakah
mereka melaksanakan dengan benar, apakah mereka tidak mendapatkan kesulitan.
Guru
harus berbuat seperti apa yang Piaget perbuat yaitu memberikan kesempatan
kepada anak untuk menemukan sendiri jawabanya, sedangkan guru harus selalu siap
dengan alternatif jabawab bila sewaktu-waktu dibutuhkan.
Pada
akhir pembelajaran, guru mengulas kembali bagaimana siswa dapat menemukan
jawaban yang diinginkan.
2. TEORI BELAJAR BRUNER
·
TEORI
BRUNER
Bruner merupakan salah seorang ahli psikolog
perkembangan dan ahli belajar kognitif. Beliau beranggapan bahwa belaar
merupakan kegiatan perolehan informasi. Kegiatan pengolahan informasi tersebut
meliputi pembentukan kategori-kategori. Di antara kategori-kategori tersebut
ada kemungkinan saling berhubungan yang disebut sebagai koding. Teori belajat Bruner ini disebut sebagai teori belajar
penemuan.
Ada tiga tahap penampilan mental yang dikemukakan oleh
Bruner, yaitu :
Tahap
Penampilan Enaktif sejajar dengan Tahap Sensori Motor pada Piaget
Dimana anak pada dasarnya mengembangkan keterampilan
motorik dan kesadaran dirinya dengan lingkungannya.
Tahap
Penampilan Ikonik sejajar dengan Tahap Pre-Operasional pada Piaget
Pada tahap ini penampilan mental anak sangat
dipengaruhi oleh persepsinya, dimana persepsi tersebut bersifat egosentris dan
tidak stabil. Mereka belum mengembangkan kontrol pada persepsinya yang
memungkinkan mereka melihat dirinya sendiri sengan suatu pola yang tetap.
Tahap
Penampilan Simbolik sejajar dengan Tahap Operasi Logis (Formal) pada
Piaget
Inti dari tahap penampilan simbolik ini adalah
pengembangan keterampilan berbahasa dan kemampuan untuk mengartikan dunia luar
dengan kata-kata dan idenya. Anak yang memulai untuk secara simbolik memproses
informasi.
Tidak seperti Piaget, pembagian tahapan oleh Bruner
bukanlah merupakan suatu hal yang kaku melainkan bersifat fleksibel tidak
dimaksudkan untuk menentukan kesiapan anak untuk belajar. Bruner beranggapan
bahwa semenjak kecil secara intuitif, manusia sudah dapat menangkap
konsep-konsep IPA.
·
PENERAPAN
MODEL BELAJAR BRUNER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD
Dalam penerapannya dalam proses pembelajaran di
kelas, Bruner mengembangkan model pembelajaran penemuan.
Model
ini pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh
informasi sendiri dengan bantuan guru dan biasanya menggunakan barang yang
nyata.
Peranan
guru dalam pembelajaran ini bukanlah sebagai seorang pemberi informasi
melainkan seorang penuntun untuk mendapatkan informasi.
·
CARA
PEMBELAJARAN IPA DI SD BERDASARKAN MODEL BRUNER
Guru harus mempunyai cara yang baik untuk tidak
secara lansung memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa. Model
pembelajaran ini mempunyai banyak manfaat, antara lain :
1.
Pembelajar (Siswa) akan mudah mengingat materi
pembelajaran apabila informasi tersebut didapatkan sendiri, bukan merupakan
informasi perolehan.
2.
Apabila pembelajar telah memperoleh informasi,
maka dia akan mengingat lebih lama.
3.
TEORI
BELAJAR GAGNE
·
TEORI
GAGNE
Model ini menunjukkan aliran informasi dari input ke
output. Rangsangan/stimulus dari lingkungan (environtment) mempengaruhi alat-alat indera yaitu (receptor), dan masuk ke dalam sistem
syaraf melalui register penginderaan (sensory
register). Disini informasi diberi kode, artinya informasi diberi suatu
bentuk yang mewakili informasiaslinya dan berlangsung dalam waktu yang sangat
singkat. Bagian-bagian ini dimasukkan dalam memori jangka pendek (short term memory) dalam waktu singkat,
sekitar beberapa detik saja. Tetapi, informasi dapat diolah oleh internal
rehearsal dan disimpan dalam memori jangka pendek untuk waktu yang lebih lama,
namun rehearsal juga mampu
mentransformasikan informasi itu sekali lagi ke dalam memori jangka panjang (long term memory).
Informasi dari memori jangka pendek atau memori
jangka panjang dikeluarkan kembali melalui suatu generator repons (response generator) yang berfungsi
mengubah informasi menjadi tindakan.
Model seperti digambarkan di atas juga menunjukkan
bagaimana pengendalian internal dari aliran informasi oleh kontrol utama (executice control) dan harapan-harapan (ecpectancies).
Menurtu teori Ada beberapa ciri penting tentang belajar, yaitu :
1.
Belajar itu merupakan suatu proses yang dapat
dilakukan manusia,
2.
Belajar menyangkut interaksi antara pembelajar
(orang yang belajar) dan lingkungannya,
3.
Belajar telah berlangsung bila terjadi perubahan
tingkah laku yang bertahap cukup lama selama kehidupan orang itu.
·
HASIL
BELAJAR MENURUT GAGNE
Ada 5 taksonomi Gagne tentang hasil-hasil belajar meliputi :
a)
Informasi verbal (verbal information)
Informasi verbal ialah informasi yang diperoleh dari
kata yang diucapkan orang, dari membaca, televisi, komputer dan sebagainya
meliputi nama-nama, fakta-fakta, prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi.
b)
Keterampilan-keterampilan intelektual (intellectual
skills)
Kemampuan untuk berhubungan dengan lingkungan hidup
dan dirinya sendiri dalam bentuk
representasi, khususnya konsep dan berbagai lambang/simbol (huruf : angka, kata, gambar)
Kemahiran intelektual terbagi dalam empat subkemampuan yaitu :
·
Diskriminasi (descrimination)
·
Konsep-konsep konkret (concrete concepts)
·
Konsep-konsep terdefini (defined conceps)
·
Aturan-aturan (rules)
c)
Strategi-strategi Kognitif (defined
strategies)
Strategi-strategi kognitif adalah kemampuan-kemampuan
internal yang terorganisasi. Siswa menggunakan strategi kognitif ini dalam
memikirkan tentang apa yang telah dipelajarinya dan dalam memecahkan masalah
secara kreatif.
d) Sikap-sikap
(attitudes)
Sikap merupakan pembawaan yang dapat dipelajari dan
dapat mempengaruhi tingkah laku kita terhadap benda-benda, kejadian-kejadian
atau makhluk hidup. Sekolompok sikap yang penting ialah sikap-sikap kita
terhadap orang lain atau sikap sosial. Dengan demikian maka akan tertanam sikap
sosial pada para siswa
e) Keterampilan-keterampilan
(motor skills)
Keterampilan motorik tidak hanya mencakup
kegiatan-kegiatan fisik, tetapi juga kegiatan-kegiatan fakta, tetapi juga
kegiatan-kegiatan motorik yang digabungkan dengan keterampilan intelektual,
misalnya : bila berbicara, menulis, atau dalam menggunakan berbagai alat IPA
seperti menggunakan pipa kapiler, termometer dan sebagainya.
·
MENERAPKAN
TEORI GAGNE DALAM MENGAJARKAN IPA DI SD
Model mengajar menurut Gagne meliputi delapan langkah
yang sering disebut kejadian-kejadian instruksional (instructional events),
meliputi :
a)
Mengaktifkan motivasi (activating motivation)
b)
Memberi tahu pelajar tentang tujuan-tujuan
belajar (instructional information)
c)
Mengarahkan perhatian (directing motivation)
d)
Merangsang ingatan (stimulating recall)
e)
Menyediakan bimbingan belajar (providing
learning guidance)
f)
Meningkatkan retensi (enhancing retention)
g)
Membantu transfer belajar (helping transfer
of learning)
h)
-
Mengeluarkan perbuatan (eliciting performance)
- Memberi umpan balik (providing feedback)
4. TEORI BELAJAR AUSUBEL
·
TEORI
AUSUBEL (BELAJAR BERMAKNA)
Ausubel adalah seorang ahli psikologi kognitif. Inti
dari teori belajarnya adalah belajar bermakna. Bagi Ausubel belajar bermakna
merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan
yang terdapat pada struktur kognitif seseorang.
Peristiwa psikologi belajar bermakna menyangkut
asimilasi informasi baru ke dalam pengetahuan yang telah ada dalam struktur
kognitif seseorang.
Jadi dapat disimpulkan bahwa menurut Ausubel, belajar
bermakna akan terjadi apabila informasi baru dapat dikaitkan dengan
konsep-konsep yang sudah terdapat dalam struktur kognitif seseorang.
- MENERAPKAN TEORI AUSUBEL DALAM PENGAJARAN IPA
Faktor yang paling penting yang mempengaruhi belajar
adalah apa yang telah diketahui oleh siswa. Informasi yang baru diterima akan
disimpan di daerah tertentu dalam otak. Banyak sel otak tang terlibat dalam
penyimpanan pengetahuan tersebut.
David P. Ausubel menyebutkan bahwa pengajaran secara
verbal adalah lebih efisien dari segi waktu yang diperlukan untuk menyajikan
pelajaran dan menyajikan bahwa pembelajar dapat mempelajari materi pelajaran
dalam jumlah yang lebih banyak.
- PRINSIP-PRINSIP YANG DIKEMUKAKAN OLEH AUSUBEL
Faktor yang paling penting yang mempengaruhi belajar
adalah apa yang telah diketahui oleh siswadalam mengaitkan konsep-konsep yang
telah ada dalam struktur kognitif dikumukakan 2 prinsip oleh Ausubel yaitu :
a)
Prinsip Diferensiasi Progresif (progressive differentiation)
Dalam diferensiasi progresif, konsep-konsep yang diajarkan dimulai dengan
konsep-konsep yang umum menuju konsep-konsep yang lebih khusus.
b)
Prinsip Rekonsiliasi integratif (integrative
reconciliation)
Dalam rekonsiliasi integratif, konsep-konsep atau gagasan-gagasan perlu
diintegrasikan dan disesuaikan dengan konsep-konsep yang telah dipelajari
sebelumnya
KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA
SD
A. PENGERTIAN
Pengertian keterampilan proses dikaitkan dengan
keterampilan fisik dan mental yang terkait dengan kemampuan-kemampuan yang
mendasar yang dimiliki, dikuasai dan diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah
sehingga para ilmuwan berhasil menemukan sesuatu yang baru (Semiawan, dkk.,
1992).
Menurut Esler dan Esler (1984) terdapat 8 keterampilan
proses dasar dan 5 keterampilan proses terpadu. Keterampilan proses dasar
meliputi :
- Mengobservasi;
- Mengklasifikasi;
- Mengukur ;
- Mengomunikasikan;
- Menginferensi;
- Memprediksi;
- Mengenal hubungan ruang dan waktu;
- Mengenal hubungan angka.
Sedangkan Keterampilan proses terpadu atau
keterampilan proses terintegrasi meliputi :
- Keterampilan memformulasikan hipotesis;
- Menamai variabel;
- Membuat definisi operasional;
- Melakukan eksperimen;
- Menginterpretasikan data;
Dalam pembahasan kali ini kita hanya akan membahas
keterampilan proses dasar yang terdiri dari 8 keterampilan.
1. KETERAMPILAN MENGOBSERVASI
Keterampilan mengobservasi merupakan keterampilan
yang dikembangkan dengan menggunakan semua indera yang kita miliki atau alat
bantu indera untuk mendapatkan informasi dan mengidentifikasi serta memberikan
nama sifat-sifat/karakteristik dari objek atau kejadian.
Kegiatan yang dapat dilakukan yang berkaitan dengan
kegiatan mengobservasi misalnya menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki oleh
benda-benda, sistem-sistem, dan organisme hidup. Sifat-sifat yang dimiliki ini
dapat berupa tekstur, warna, bau, bentuk, ukuran, dal lain-lain
2. KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI
Keterampilan mengklasifikasi merupakan keterampilan
yang dikembangkan melalui latihan-latihan mengkategorikan, menggolongkan,
mengatur atau membagi objek/benda/kejadian/informasi berdasarkan
sifat/karakteristik yang dimiliki menurut sistem atau metode tertentu.
Skema klasifikasi umumnya digunakan untuk mnegidentifikasi
dan untuk menunjukkan persamaan, perbedaan, dan hubungan-hubungannya. Kegiatan
yang dapat dilakukan untuk melatih keterampilan ini misalnya memilih
bentuk-bentuk kertas, yang berbentuk kubus, gambar-gambar hewan atau daun-daun
berdasarkan sifat umumnya.
3. KETERAMPILAN MENGUKUR
Keterampilan mengukur merupakan keterampilan membuat
observasi secara kuantitatif (terhadap standar ukuran tertentu) yang
dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan
satuan-satuan yang cocok dari ukuran panjang, luas, isi, waktu, berat, massa,
dan lain-lain.
Keterampilan mengukur memerlukan kemampuan untuk
menggunakan alat ukur secara benar dan kemampuan untuk menerapkan cara
perhitungan dengan menggunakan alat-alat ukur.
4. KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN
Keterampilan mengukur adalah menyampaikan hasil
pengamatan yang berhasil dikumpulkan/menyampaikan hasil penyelidikan, yang
dapat dikembangkan dengan cara menghimpun informasi dari grafik/gambar yang
menjelaskan benda-benda/kejadian-kejadian secara rinci.
Pelatihan untuk kegiatan keterampilan ini dapat
berupa latihan membuat dan menginterprestasikan informasi dari grafis, charta,
peta, gambar, dan lain-lain.
5. KETERAMPILAN MENGINFERENSI
Keterampilan menginferensi adalah keterampilan
membuat kesimpulan sementara dari yang kita observasi dengan menggunakan
logika.
Keterampilan ini dapat dikembangkan dengan
latihan-latihan yang mengembangkan lebih dari satu rangkaian keadaan yang
diobservasi.
Contoh : siswa diajak jalan ke daerah yang banyak
ditumbuhi pohon-pohonan kemudian tanyakan apa interferensinya tentang
hewan-hewan yang-hewan yang mungkin hidup disekitar pohon-pohonan yang
dilihatnya.
6. KETERAMPILAN MEMPREDIKSI
Keterampilan memprediksi adalah keterampilan
menduga/memperkirakan/meramal-kan beberapa kejadian/keadaan yang akan datang
berdasarkan dari kejadian/keadaan yang terjadi sekarang (yang telah diketahui).
Prediksi didasarkan pada observasi, pengukuran, dan
informasi tentang hubungan-hubungan antara variabel yang diobservasi. Prediksi
yang tepat dapat dihasilkan dari observasi yang teliti dan pengukuran yang
tepat.
Contoh : memprediksi sejauh apa sebuah benda akan
berhenti jika benda tersebut dijatuhkan dari berbagai ketinggian.
7. KETERAMPILAN MENGENAL HUBUNGAN RUANG DAN
WAKTU
Keterampilan mengenal hubungan ruang dan waktu
meliputi keterampilan menjelaskan posisi suatu benda terhadap benda lainnya
atau terhadap waktu, atau keterampilan mengubah bentuk dan posisi suatu benda
setelah beberapa waktu.
Proses ini dapat dipecah ke dalam bermacam-macam
kategori termasuk bentuk, arah, dan susunan yang berkaitan dengan ruang-waktu,
gerak dan kecepatan, kesimetrisan, dan kecepatan perubahan.
8. KETERAMPILAN MENGENAL HUBUNGAN
BILANGAN-BILANGAN / ANGKA
Keterampilan mengenal hubungan bilangan-bilangan meliputi
kegiatan menemukan hubungan kuantitatif di antara data dan menggunakan garis
bilangan untuk membuat operasi aritmatik.
Menggunakan angka adalah mengaplikasikan
aturan-aturan atau rumus-rumus matematik untuk menghitung kauntitas atau
menentukan hubungan dari pengukuran dasar.
PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA SD
Inkuiri ditandai dengan adanya pencarian jawaban melalui serangkaian
kegiatan intelektual. Secara umum urutan kegiatan yang dilakukan adalah:
- Merencanakan
- Mendiskusikan
- Membuat hipotesis
- Menganalisis
- Menafsirkan hasil untuk mendapatkan konsep umum yang dipelajari.
A. MANFAAT PENDEKATAN INKUIRI
- Mengembangkan sifat ingin tahu
- Mengembangkan imajinasi
- Mengembangkan kemampuan berpikir
- Mengembangkan sikap
- Mengembangkan keterampilan proses
B. ALASAN MENGGUNAKANNYA
- Membangkitkan rasa ingin tahu siswa
- Melibatkan siswa dalam kegiatan yang memerlukan keterampilan kognitif tingkat tinggi
- Memberikan pengalaman konkret bagi siswa
- Membantu siswa mengembangkan keterampilan proses (keterampilan penting dalam melakukan kegiatan IPA)
C. KATEGORI PADA PENDEKATAN INKUIRI
- PENDEKATAN INKUIRI KATEGORI RASIONAL
Pada kategori ini, guru mengarahkan siswa untuk
membuat suatu generalisasi dengan menggunakan rasional (guru bertanya dan
memberi penguatan jawaban sampai generalisasi yang diingikan tercapai.
- PENDEKATAN INKUIRI KATEGORI DISCOVERY
Tujuan kategori ini, untuk mengembangkan keterampilan
memasang dan merancang alat serta keterampilan mengobservasi (membagi kelompok,
menunjuk ketua kelompok, membagi materi, dll).
- PENDEKATAN INKUIRI KATEGORI EKSPERIMEN
Kategori ini dapat dijelaskan sebagai suatu prosedur
membuat pertanyaan yang dianggap benar dan menemukan suatu cara untuk menguji
pernyataan tersebut.
D. CONTOH PENERAPAN MATERI PEMBELAJAN IPA DI
SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI
Kelas/Semester
: IV / 2
|
Aspek :
Energi dan Perubahannya
|
Standar Kompetensi
: Kemampuan menyelidiki bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu
benda; menyadari keberadaan energi dalam berbagai bentuk dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu
a)
Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa gaya
(mencakup dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda ;
b)
Dalam sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat: merancang dan membuat suatu karya model untuk menunjukkan
perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari
kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut.
|
Pendekatan
dan Prosedur : Prosedur yang dilakukan adalah :
1) Memilih menentukan kegiatan sebagai wahana
pembelajaran inkuiri, yaitu (1) kegiatan mengamati berbagai gerak benda dan
kegiatan cara menggerakkan bola, (2) kegiatan mengamati gaya pada benda jatuh
dan kegiatan mengamati gaya pada bola yang menggelinding, (3) kegiatan
mengamati gaya pada benda yang terbang, (4) kegiatan pengaruh gaya terhadap
plastisin/tanah liat, (5) kegiatan mengetahui penyebab benda terapung,
melayang, dan tenggelam, (6) kegiatan mengetahui penyebab logam terapung, (7)
kegiatan menimbang berat benda dalam
air.
2) Melakukan kegiatan secara demonstrasi
guru/siswa/kerja kelompok dan mendiskusikan hasil kegiatan.
3) Mengajarkan tentang cara mengubah gerak dan
bentuk benda, menggerakkan benda diam dengan memberi gaya, gaya pada benda
yang sedang bergerak, Contoh gaya yang dapat mengubah bentuk benda dan gerak
benda.
4) Menugaskan siswa untuk membaca bacaan
terkait materi dan atau memeberi tugas.
|
Evaluasi :
Evaluasi formatif untuk memperbaiki program
pembelajaran dan memantapkan pemahaman, pengembangan sikap, dan keterampilan.
Dilakukan evaluasi sumatif untuk menilai pemahaman, sikap, dan keterampilan.
Evaluasi dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen, yaitu tes untuk
konsep dan keterampilan, pedoman observasi untuk keterampilan dan perilaku,
penilaian kinerja untuk keterampilan, dan instrumen sikap untuk sikap
|
mantap ,sangat membantu dalam pemahaman penggunaan teori belajar dalam pembelajaran
BalasHapusDengan mengetahui berbagai teori mengajar, maka dapat memberikan kita pemahaman dalam mengetahui strategi apa yang cocok kita gunakan kepada masing-masing individu sehingga dapat mengingkatkan kondusifitas dan juga ketrampilan siswa sehingga aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dapat tercapai.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusMengetahui dan memahami berbagai teori dalam pembelajaran sangat membantu kita dalam menerapkan teori yang cocok untuk kita gunakan dalam setiap pembelajaran sehingga dapat tercapai pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
BalasHapussangat membantu menerapka teori belajar akan menarik minat siswa
HapusTerimakasih pak atas paparannya...
HapusTerimakasih pak atas pemaparan nya🙏
HapusTrimakasih sangat membantu
BalasHapusterimah kasih banyak,sangat membantu saya.Sangat lengkap,padat dan jelas
BalasHapusterima kasih banyak atas penjelasan materi yang diberikan, ini bermanfaat sekali dalam memahami teori belajar dalam pembelajaran IPA SD
BalasHapusTerima kasih banyak sangat membantu saya dalam belajar yaitu tentang pembelajaran IPA SD
BalasHapussaya juga sangat terbantu 🙏🙏
HapusTerimakasih sangat membantu, izin dijadikan referensi
BalasHapusTerimakasih sangat membantu, izin dijadikan referensi
BalasHapusTerima kasih banyak ini sangat membantu sqya dalam mempelajari mata kuliah ini.
BalasHapustrimakasih, sangat membantu saya...
BalasHapusterimakasih sangat membantu
BalasHapusAlhamdulillah, sangat membantu..
BalasHapusTerima kasih,ini sangat membantu saya untuk lebih memahami mata kuliah ini
BalasHapusTERIMAKASIH.MATERINYA SANGAT BAGUS UNTUK MENAMBAHKAN PENGETAHUAN SAYA.
BalasHapusTerima kasih telah membantu
BalasHapusTerimakasi,,,dengan adanya penjelasan ini maka pngetahuan saya bertambah
BalasHapusTerimakasih sangat membantu..
BalasHapusTerima kasih sangat membantu 🙂
BalasHapusThanks
BalasHapusTerimakasih sudah memberikan wawasan yang sangat membantu saya
BalasHapusterimaksih
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusTerima kasih banyak
BalasHapusTerima kasih,ulasan yg sangat inspiratif,sangat bermanfaat bagi guru guru dalam melaksanakan tugas nya sebagai pendidik.
BalasHapusterima kasih
BalasHapusterimah kasih atas penjelasannya
BalasHapusTerima kasih penjelasannya
BalasHapusTerimakasih untuk penjelasannya
BalasHapusTerima kasih untuk penjelasannya
BalasHapusMaaf mau tanya nama penulisnya siapa ya?
BalasHapusTerimakasih untuk penjelasannya
BalasHapus
BalasHapusTerimakasih atas penjelasanya
terima kasi
BalasHapusSangat membantu ,terima kasih
BalasHapusTerimakasih ini bagus sekali dan membantu
BalasHapussangat membantu, trima kasih
BalasHapusSamngt benar2 membantu. Terimaksih
BalasHapusTerimakasih penjelasannya
BalasHapusterimakasih sangat membantu
BalasHapusterimaksih
BalasHapusterimakasih sangat membantu sekali
BalasHapusMaaf telat,,, namun saya sangat berterimakasih karena membantu saya lebih cepat selesai
BalasHapusTerima kasih ilmunya, semoga bermanfaat
BalasHapusTerimakasih telah membantu sekali buat saya dan bermanfaat
BalasHapusTerima kasih sangat jelas dan mudah dipahami.
BalasHapusTerimakasih penjelasan materi berbagai macam teori,, sehingga membuat kami memiliki wawasan yg lebih luas lg🙏🤗
BalasHapusI got new reference
BalasHapusMentari Anggraini is here for new reference
BalasHapusTerimakasih ilmunya🙏
BalasHapusTerima kasih ����
BalasHapusTerimakasih 🙏🙏🙏
BalasHapusterima kasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih materinya. Sangat membantu dalam pemebelajaran ipa
BalasHapusTerimakasih materinya. Sangat membantu dalam pemebelajaran ipa
BalasHapusTERIMA KASIH ILMUNYA
BalasHapusTerimakasih ilmunya 🙏
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya sangat membantu dalam saya belajar pembelajaran ipa
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih bapak / ibu tutor tuton atas ringkasan materinya
BalasHapusTerimakasih,sudah berbagi ilmunya
BalasHapusterimah kasih, ini sangat membantu kami.
BalasHapussekali lagi terimah kasih ibu/bapak tutor tuton. salam novitasari_825717274
terimakasih banyak sudah berbagi ilmunya,sangat bermanfaat buat saya
BalasHapusterimakasih banyak sudah berbagi ilmu
BalasHapusterimakasih.semoga bermanfaat untuk semua
BalasHapusTerimakasih semiga bermanfaat
BalasHapusterima kasih informasinya. sangat bermanfaat
BalasHapussangat membantu
BalasHapusmembantu sekali. terimakasih
BalasHapusbermanfaat sekali
BalasHapusbermanfaat sekali
BalasHapusTerima kasih ilmunya
BalasHapusSangat membatu sekali.terimakasih
BalasHapusSangat membatu sekali.terimakasih
BalasHapusSangat membatu sekali.terimakasih
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusOke terimakasih sangat membantu materi dan menambah pengetahuan
BalasHapusMateri ini sangat membantu saya dalam mengatasi masalah yang saya hadapi di dalam pembelajaran di sekolah saya
BalasHapusPenjelasannya sangat bermanfaat dan sesuai dengan materi atau juknis pembelajaran IPA, terima kasih pak dosen atas ilmunya dan ini sebagai pondasi kami selaku pendidik demi mewujudkan generasi bangsa yang mampu bersaing di era globalisasi sekarang ini.
BalasHapusBetul sangat membantu sekali
HapusTerimakasih, sangat membantu sekali
BalasHapusTeori-teori yang dikemukakan oleh para ahli ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan informasi mengenai perkembangan belajar anak.
BalasHapusterimakasih ....ilmu sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih ilmunya sangat bermanfaat sekali.
BalasHapusIlmu yang sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih Bapak Ilmunya sangat bermanfaat bagi kami semua.
BalasHapusTerima kasih Bapak ilmunya, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya, semoga saya lebih mudah lagi menerapkan ilmu ini dalam Proses Belajar Mengajar.
BalasHapusTerima kasih bapak untuk semua ilmu yang disampaikan semoga menjadi bekal dan bermanfaat bagi saya dan teman- teman semua dan mempermudah kami untuk menerapkan pembelajaran dalam proses KBM.
BalasHapusTerima kasih kepada bapak ibu yang telah menyampaikan atau memberi ilmu yang bermanfaat.
BalasHapusTerimaksih telah memberikan materi yang sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih kasih bapak untuk semua ilmu yang di sampaikan dan telah memberi ilmu yang bermanfaat
BalasHapusTerimakasih Bapak sangat beemanfaat bagi kami untuk menambah ilmu dan wawasan
BalasHapusTerima kasih ilmunya dan sangat bermanfaat
BalasHapusMantap dan bermanfaat sekali
BalasHapusterimakasih ilmunya, sangat bermanfaat sekali.
BalasHapusterimakasih...
BalasHapusterimakasih
BalasHapusTerimakasih atas penjelasan nya
BalasHapusterima kasih sangat membantu
BalasHapusterima kasih ilmunya .sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih ilmunya.
BalasHapusterimakasih
BalasHapusterimakasih
BalasHapusterimakasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih 🙏
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusMateri yang sangat bermanfaat. Terima Kasih.
BalasHapusTerimakasih materinya sangat-sangat bermanfaat dan sangat-sangat membantu.
BalasHapus😊🙏
Materi ini sangat membantu saya dalam mengatasi masalah yang saya hadapi dan dapat memperluas pemahaman saya di dalam pembelajaran di sekolah saya, terima kasih materinya sangan membantu saya
BalasHapusterima kasih karena materi ini dapat memperluas pengetahuan saya
BalasHapusTerima kasih atas materinya... materi ini sangat bermanfaat bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah saya.
BalasHapusJackpot Party Casino | Play Online, FREE
BalasHapusWe offer a variety 벳 센세이션 of casino games 피망 포커 apk to 로투스 바카라 enjoy. With slots, 손 풀기 게임 live dealer casino, a live dealer blackjack game and online sportsbook, 스포츠분석 Jackpot Party
Terima Kash sangat membantu kami tutor UT
BalasHapusTerimakasih,,dengan penjelasan ini akan membantu pengetahuan dan wawasan saya semakin bertambah
BalasHapusterima kasih penjelasan nya membantu pengetahuan saya
BalasHapusterimakasih atas materi yang telah diberikan
BalasHapusTerima kasih materinya
BalasHapusTerima kasih atas materi yang diberikan,
BalasHapusTerimakasih atas materinya yang diberikan
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterima dengan materi yang diberikan sangat membantu saya
BalasHapussangat membantu terima kasih materi yang diberikan
BalasHapusSangat membantu sekali. Terimakasih banyak
BalasHapusMantap
BalasHapusMantap pak
BalasHapusTerima kasih pak...sangat membantu...
BalasHapussangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat, terimakasih atas materi yang diberikan
BalasHapusMantap pak, penjelasannya sangat membantu. Trimakasih pak
BalasHapusTerimakasih atas rangkuman materinya, sangat membantu untuk di pelajari.
BalasHapusJelas dan rinci pemaparannya. Terima kasih pak! Salam sukses selalu
BalasHapusIlmu yang sangat bermanfaat mudah-mudahan bisa dijadikan bahan rujukan ke depan dalam pembuatan karya ilmiah atayupun artikel.
BalasHapusAlhamdullilah terumakasih
BalasHapusilmu yang sangat bermanfaat, terima kasih materi ini dapat memperluas pengetahuan saya
BalasHapusTerimakasih ulasan materi nya
BalasHapusTerima kasih ulasan nya. sangat bermanfaat
BalasHapusTrimakasih banyak ilmu nya sangat membantu sekali
BalasHapusterimakasih banyak, sangat bermanfaat dan membantu sekali.
BalasHapusTerimakasih sangat membantu
BalasHapusSangat jelas materi yang diuraikan,terimakasih 🙏
BalasHapusdengan mengetahui dan memahami beberapa teori pendekatan ini maka bisa dijadikan dasar untuk melakukan kegiatan pendekatan dengan siswa yang heterogen atau peserta didik yang memiliki banyak perbedaan gaya belajar maupun perilaku di dalam kelas
BalasHapusTerimaksih
BalasHapusTerimakasih pak
BalasHapusTerimakasih atas ilmunya....
BalasHapusTerimakasih, sangat membantu
BalasHapusTerima kasih,, materi yang diuraikan sangat jelas sehingga mudah untuk memahami materi nya.
BalasHapusTerima Kasih atas materi yang diberikan dikarenakan teori pembelajaran ini sangatlah penting diketahui oleh setiap guru dikarenakan dalam setiap proses pembelajaran siswa memiliki perilaku belajar yang snagatlah berbeda beda
BalasHapusTerimaksaih untuk materi yang di uraikan sangat jelas jelas dan bermanfaat dan mudah untuk dipahami
BalasHapusTerimakasih materi sangat memberikan reperensi
BalasHapusterimakasih,untuk materinya yang sangat bermanfaat
BalasHapusterima kasih atas materinya, sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa, sangat membantu pengetahuan kami
BalasHapusTerimakasih Materi nya dapat menambah wawasan kita
BalasHapusTerimakasih materinya dapat menambah wawasan saya
BalasHapusTerimakasih atas materi nya yang sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih, materinya menambah wawasan
BalasHapusTerimakasih Materinya sangat bermanfaat menambah wawasan
BalasHapusterima kasih sangat membantu saya, menjadi lebih baik
BalasHapusTerima Kasih, materinya Membuat pemahaman kami lebih baik
BalasHapusMasyaalloh terimakasih ilmunya semoga bermanfaat untuk menambah pemmahaman kami
BalasHapusTerimakasih atas materi, sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih
BalasHapusTerima kasih atas penjelasannya
BalasHapusterimakasih penjelasannya sangat membantu
BalasHapusTerima kasih atas penjelasannya dan materinya sangat membantu
BalasHapustrimakasih atas pnjelasan materinya, ini sangat membantu saya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterima kasih penjelasan materinya, sudah sangat membantu
BalasHapusterimakasih..pmbljrn ini sngt mmbntu sya.
BalasHapusTerimakasih sangat bermanfaat materinya...
BalasHapus